Welcome Myspace Comments

Stimulating Primary Mathematics Group-Discussion

By: Shisumi Shimizu, Marsigit
http://powermathematics.blogspot.com

Review by: Syahlan Romadon(09301241041)
http://syahland.blogspot.com

Artikel ini berisi penelitian kegiatan siswa dalam membangun karakteristik pola angka yang dihasilkan dari penambahan dan pengurangan setiap dua reversibel dua digit angka. Penelitian ini dilakukan di siswa kelas 6 SD Gambiranom, Yogyakarta, Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan praktek mengajar matematika berdasarkan posisi ideal mengajar matematika primer dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu. Penelitian ini meliputi: mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam proses belajar mengajar matematika, merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil komunikasi simetris antara peneliti dan guru, menerapkan dan menguji strategi, mengevaluasi efektivitas strategi, mencerminkan hasil, identifikasi kesimpulan, mengulangi siklus dengan meningkatkan praktek, dan melaporkan penemuan.
Pada siklus pertama penelitian, guru mengarahkan siswa untuk memiliki beberapa kompetensi mengkarakterisasi pola nomor dengan melakukan penambahan dari dua reversibel dua digit angka. Skema dari proses belajar mengajar pada siklus ini meliputi guru memperkenalkan pelajaran, informasi yang disampaikan, mengajukan masalah dan menjelaskan apa yang siswa harus dilakukan dalam kegiatan-kegiatan berikut. Guru memerintahkan siswa untuk menghasilkan penambahan dari dua reversibel dua digit angka dan membiarkan siswa untuk bekerja dalam kelompok diskusi. Guru mendorong siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan berusaha menyimpulkan hasil. Dalam siklus ini guru mengembangkan lembar kerja dan didistribusikan sebelum para siswa bekerja dalam kelompok diskusi.
Dalam siklus kedua, guru mengarahkan siswa untuk memiliki beberapa kompetensi mengkarakterisasi beberapa pola nomor dengan melakukan pengurangan dari dua reversibel dua digit angka. Skema dari proses belajar mengajar pada siklus 2 yakni guru memperkenalkan pelajaran, informasi yang disampaikan, mengajukan masalah dan menjelaskan apa yang siswa harus dilakukan dalam kegiatan-kegiatan berikut. Guru memerintahkan siswa untuk menghasilkan pengurangan dari segala bentuk dua angka reversible dan membiarkan siswa untuk bekerja dalam kelompok diskusi. Guru mendorong siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan berusaha untuk menyimpulkan hasil.
Hasil dari penelitian adalah dalam penelitian tindakan kelas, jika guru memiliki persiapan yang baik dan mengembangkan beberapa skema untuk mengajar, siswa mengkonstruksi pengetahuan mereka secara jelas. Anak-anak tidak hanya melakukan kegiatan di bawah bimbingan guru namun mereka pun harus mampu mengembangkan kegiatan mereka berdasarkan pengaruh arah dan fokus kegiatan sendiri. Dengan mengamati transisi dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, peneliti menemukan bahwa beberapa lembar kerja yang dikembangkan oleh guru memiliki pengaruh terhadap jalannya kegiatan dan memulai berbagai percakapan interaksi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kita dapat menafsirkan peran guru melalui perspektif siswa pada interaksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penelitian tindakan kelas, siswa tidak hanya sebagai pembelajar aktif tetapi juga sebagai konstruktor hidup pengetahuan mereka sendiri.

0 komentar:

Aku Cinta Indonesia...

Thank You Myspace Comments