Welcome Myspace Comments

HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MATHEMATICS TEACHING: Action Research of Indonesian Secondary Mathematics Teaching

By: Marsigit, Y.Sato, Sugeng Mardiyono, Eko Sulistyowati, Bardi

Review by: Syahlan Romadon(09301241041)
http://syahland.blogspot.com

Siswa membutuhkan variasi kompetensi akademik yang dapat untuk bertanya dan mengkomunikasikan perkiraan yang terjadi di kelas. Dari hasil pengamatan mengindikasikan bahwa kapanpun siswa tidak memiliki kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, mereka akan melakukan kegiatan lain atau menanyakan ke teman kelasnya. Kapan pun guru menerapkan satu metode pembelajaran guru akan mengalami kesulitan untuk dapat mencakup berbagai kompetensi akademik siswa. Salah cara untuk menyelesaikan permasalah ini adalah dengan memberi kesempatan kepada guru untuk mengembangkan lembar kerja. Siswa dan guru akan sama-sama mendapat keuntungan dengan menggunakan lembar kerja, bagaimanapun juga pengaplikasian dari pengembangan lembar kerja oleh guru sebagai penyelesaian dari berbagai kebutuhan kompetensi akademik siswa yang memiliki sifat tidak langsung karena tidak ada skema pengembangan oleh guru. Kemudian guru membagi kelas menjadi beberapa grup untuk mendiskusikan lembar kerja yang diberikan, setelah didiskusikan kemudian siswa mempresentasikannya di depan ke kelas.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata masih banyak guru yang menggunakan metode ekspositori atau mengajar secara klasikal dimana guru hanya menjelaskan, memberi contoh kemudian memberikan tugas. Hal ini masih banyak terjadi karena guru masih mengalami kesulitan untuk menemukan berbagai variasi kompetensi akademik yang diperlukan serta menemukan cara melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Untuk itu guru harus mengembangkan model pembelajaran matematika untuk menyelesaikan permasalahan ini agar dapat memfasilitasi siswa. Praktik mengajar matematika yang baik harus memberi kesempatan kepada guru untuk menjelaskan, diskusi antara guru dan siswa dan antara siswa dengan siswa, penyelesaian masalah termasuk pengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam kenyataannya untuk merealisasikan pembelajaran yang baik, guru masih menemui beberapa kendala. Dan menurut hasil penelitian guru harus mampu mengembangkan kemampuan mengajar mereka dengan memfasilitasi berbagai kebutuhan kompetensi akademik siswa, menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran, menggunakan berbagai metode mengajar sesuai kebutuhan kelas dan meningkatkan materi mengajar dan alat peraga yang digunakan.

0 komentar:

Aku Cinta Indonesia...

Thank You Myspace Comments