Welcome Myspace Comments

Membuka Lembaran Baru

13 Syawal 1432 H - 11 September 2011 @tepi jalan

Bulan Ramadhan 1432 H telah meninggalkan kita. kini hanyalah tinggal kenangan yang tak akan terulang.

Di bulan Ramadhan kita berusaha semaksimal mungkin untuk bisa melakukan segala perintah-Nya. sebagai contoh, kita berpuasa, infaq, zakat, sholat malam (tarawih), dan hampir semua sholat wajib kita jalankan dengan berjamaah, bahkan sholat Shubuh yang biasanya kita merasa enggan untuk melaksanakannya, dibulan Ramadhan kita laksanakan dengan berjamaah (subhanalloh).

Disamping menjalankan perintah-Nya, dibulan Ramadhan kita pun menjauhi segala larangan-Nya. Kita menahan berbuat maksiat, menahan marah, bahkan menahan pendangan. Itu semua kita lakukan untuk mendapatkan gelar taqwa.

Masuk bulan Syawal, saya mengucapkan "Taqobalallohu mina waninkum, taqobal ya karim, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin". Bulan Syawal artinya bulan peningkatan. Ada pertanyaan yang harus dijawab, "apa yang ditingkatkan?" Ibadah? Ketaqwaan? Berat badan? atau yang lainnya? Pertanyaan itu lah yang harus kita renungkan.
Ada juga yang mengartikan 'kembali Fitri'. Kembali seperti bayi yang baru lahir. Apakah seperti itu?
Pada dasarnya, pada bulan syawal, kita berusaha untuk meningkatkan ibadah kita, kita kembali meluruskan niat bahwa hidup dunia kita adalah ladang untuk menggapai hidup akherat. Apakah harus beribadah terus? tentulah tidak. Kita juga memerlukan kebutuhan dunia, tapi jangan sampai mengesampingkan akherat. 50-50 lah...

Membuka lembaran baru, kita meluruskan niat, segala sesuatu yang kita kerjakan adalah jalan kita untuk mendapatkan ridho Alloh SWT.
Semoga Alloh menerima sega amal baik kita di bulan Ramadhan dan memasukkan kita pada golongan orang-orang yang bertaqwa, dan menempatkan kita di JANNAH-NYA kelak. Amiiien...

2 komentar:

  1. Seto Marsudi said...

    Mohon maaf lahir bathin jg ya mbah. .
    ahihihi

  2. syahland said...

    nggih, sami-sami...

Aku Cinta Indonesia...

Thank You Myspace Comments