Welcome Myspace Comments

KEPEMIMPINAN ISLAM

Pada dasarnya setiap manusia yang diciptakan Allah adalah sebagai leader/khalifah di muka bumi. Semua bentuk kepemimpinan kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah.
Dalam pandangan islam, kepemimpinan merupakan suatu amanah dari Allah yang harus dilaksanakan sesuai kehendaknya.

Dari ibnu umar r.a nabi SAW bersabda, "setiap orang dari kalian adalah leader dan setiap orang dari kalian pasti akan dimintai pertanggungjawabannya atas kepemimpinannya. Amir adalah pemimpin, suami adalah pemimpin bagi keluarganya, istri adalah pemimpin dalam rumah tangga suami dan anak-anaknya." (HR. Bukhari Muslim)

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN
Berasal dari kata dasar pemimpin yaitu orang yang diserahi untuk mengatur urusan2 dan kemaslahatan bersama yang sangat diperlukan. Kepemimpinan adalah kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerakkan dan jika perlu dapat membantu pencapaian suatu maksud/tujuan tertentu.
Patuh dan taat kepadg pemimpim merupakan kewajiban bagi masyarakat yang hidup dalam suatu negara, karena taat kepada pemimpin sama dengan taat pada Allah dan rasulnya

KEWAJIBAN MENTAATI PEMIMPIN
Ketaatan dalam hal kebaikan semata. Dari Abdullah, Ibnu Umar r.a bahwa rasulullah bersabda, "patuh dan taat itu adalah kewajiban bagi orang islam baik terhadap perintah2 yang menyenangkan maupun yang mencemaskan selama ia tidak diperintahkan melaksanakan suatu kemaksiatan. Oleh karena itu apabila ia diperintahkan untuk melaksanakan kemaksiatan, tidak ada kewajiban untuk mematuhi dan mentaatinya." (HR. Mutafaqun 'alaih)
Peraturan dan perintah leader harus dipatuhi dan dilaksanakan selama masih dalam batasan normal dan tidak bertentangan dengan Al-Qur'an dan Sunah.

AKHLAK PEMIMPIN
Akhlak seorang pemimpin dalam pandangan islam adalah :
1. Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, karena keimanan dan ketakwaan merupakan kunci utama dalam menjalankan roda kepemimpinan.
2. Sidiq / jujur. Kejujuran harus ditanamkan pada jiwa leader karena kejujuran membawa kebaikan.
3. Amanah, yaitu dapat dipercaya dan memelihara kepercayaan orang lain. Sabda rosul, "apabila amanah disia2kan, maka akan timbul kehancuran. Para sahabat bertanya : apakah yang dimaksud menyia2kan amanah itu? Nabi menjawab apabila suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya." (HR. Bukhari)
4. Berlaku adil, yaitu menimbah dan memperlakukan sesuatu dengan casa yang sama dan serupa. Dalil adil terdapat pada QS An-Nahl:90
5. Fatonah, yaitu cerdas. Dengan aekal ilmu, negara akan maju. Rosul bersabda, "apabila suatu persoalan ditangani oleh seorang yang bukan ahlinya maka tunggulah saat kehancurannya" (HR. Bukhari)

0 komentar:

Aku Cinta Indonesia...

Thank You Myspace Comments