Philosophical Explanation on Mathematical Experiences of The Fifth Grade Students
By : Drs. Marsigit MA
Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041)
http://syahland.blogspot.com
Penggunaan alat peraga Linear Arithmetic Blocks (LAB) atau model linear ternyata lebih meningkatkan minat dan aktivitas siswa jika dibandingkan dengan alat peraga Multi-base Arithmetic Blocks (MAB) atau model ruang dalam melakukan percobaan-percobaan operasi hitung pada bilangan desimal.
Mackenzie J.S, menyatakan bahwa sebuah filsafat harus mampu memperhitungkan hasil umum dari suatu investigasi dari semua ilmu untuk suatu usaha membangun teori umum. Untuk tercapai tujuan yang maksimal, digunakan beberapa pendekatan yang bersifat filosofis seperti, interpretasi, idealisasi, analogi, perbandingan, dan deskripsi. Pendekatan-pendekatan tersebut menunjukkan adanya hubungan antara komponen-komponen bilangan desimal dengan benda fisik yang digunakan dalam proses belajar mengajar matematika.
Dengan demikian akan timbul motivasi dari dalam diri siswa dan juga para guru untuk mempelajari materi-materi atau benda-benda fisik yang berkaitan dengan matematika. Namun, para guru dan siswa juga harus memperhatikan dan mengantisipasi adanya kendala-kendala yang menghambat dalam mempelajari materi-materi fisik tersebut dan juga harus dapat menemukan solusi sehingga para siswa dan guru dapat berinteraksi dengan baik dengan materi-materi atau benda-benda fisik dalam matematika.
Kant menegaskan bahwa “ruang” dan “waktu” adalah bentuk dari perasaan kita, sesuatu yang mempengaruhi kita, sensibilitas adalah sebuah benda yang memiliki “ruang” atau “jasmani” merupakan karakteristik dari suatu objek yang fenomenal.
Hasil penelitian dari mengajar dengan menggunakan materi-materi fisik matematika memberikan beberapa kesimpulan antara lain, adanya perbedaan antara model LAB dan MAB, model LAB yang lebih unggul jika dibandingkan dengan model MAB, sesta sistem belajar mengajar dengan menggunakan materi-materi fisik yang dianggap memiliki kesulitan sendiri bagi para siswa.
Dengan adanya model LAB dan MAB, maka ada beberapa isu yang mungkin merupakan dampak adanya model LAB dan MAB. Dampak tersebut antara lain, siswa membingungkan adanya penyelenggaraan dengan nilai komponen, dan siswa membingungkan tentang posisi tempat dari kolom nilai. Peneliti menyimpulkan bahwa “aksensibilitas” adalah sesuatu yang berkaitan dengan subjek bahwa apa yang disimpulkan oleh Kant adalah suatu “kepekaan”.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Blog archive
-
▼
2011
(39)
-
▼
December
(17)
- LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING: Developing ...
- Pembudayaan Matematika di Sekolah Untuk Mencapai K...
- Developing Teacher Training Textbooks for Lesson S...
- Lesson Study: Pendekatan Baru untuk Pembelajaran M...
- PHILOSOPHY OF MATHEMATICS EDUCATION
- Philosophical Explanation on Mathematical Experien...
- Research Activities as Effort to Improvement Profe...
- KEGIATAN PENELITIAN SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATK...
- PHILOSOPHICAL AND THEORETICAL GROUND OF MATHEMATIC...
- LESSON STUDY
- “ Looking for Alternative Models in reference to J...
- WAWASAN TENTANG STRATEGI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN...
- Stimulating Primary Mathematics Group-Discussion
- Asumsi Dasar Karakteristik Matematika, Subjek Didi...
- HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MAT...
- PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI PORTOFOLIO DIGITAL UNTUK...
- MATHEMATICS TEACHING ACROSS MULTICULTURAL CONTEXT
-
▼
December
(17)
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Eh, judul nya..... :D Kayak anak matematika aja, ngek kalo anak matematika ngomongin cinta, pasti pake ini: Atau mungkin pakai ini: hoho, ta...
-
Jujur, Aku masih merasa sendiri.... 5 dari 5 4 dari 5 3 dari 5 2 dari 5 1 dari 5 semoga istiqomah dan tak berubah menjadi: "0 dari 5&qu...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
Oleh : Dr. Marsigit, M.A. Review by: Syahlan Romadon 09301241041 Syahland.blogspot.com In the implementation of learning mathematics, it wou...
-
POLLLIIIIIINGGGG.... Bumi Tempat indah bagi makhluk-Nya. Manusia hanya bisa hidup di bumi. Tapi, tak bisa memancarkan cahaya sendiri. Akan t...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
-
Aku bodoh Tak bisa mengajarimu Tak dapat menyelesaikan Tak sanggup beri solusi Aku bukan orang berpengaruh Bukan raja yang ha...
-
Oleh: Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com In order to following the movement of education parad...
Followers
. . .
0 komentar:
Post a Comment