By Dr. Marsigit, M.A.
Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041)
Filsafat mengenai matematika sangatlah luas dan umum. Filsafat pendidikan matematika meliputi beberapa masalah pendidikan matematika yaitu ideologi, landasan dan tujuan dari matematika itu sendiri.
Dalam rangka memberi gambaran yang jelas tentang peran studi filsafat matematika dan hubungannya dengan lokakarya kegiatan dan akan dibahas tentang sifat pengembangan sumber daya manusia dan sifat studi pelajaran dalam pendidikan matematika.
Menurut Paul Ernest (1994), studi filsafat pendidikan matematika berakibat pada praktek mengajar matematika melalui isu-isu tercermin pada pertanyaan berikut:
"Apa teori dan epistemologi mendasari pengajaran matematika? Apakah asumsi ini berlaku? Berarti apa yang diadopsi untuk mencapai tujuan matematika pendidikan? Apakah tujuan dan sarana yang konsisten? Apa metode, sumber daya dan teknik yang telah dan mungkin digunakan dalam pengajaran matematika? Apa teori-teori mendukung penggunaan informasi yang berbeda dan teknologi komunikasi dalam mengajar matematika? Apa yang membuat nilai-nilai yang membawa teknologi ini dengan mereka, baik yang dimaksudkan dan tidak disengaja? Apa itu untuk mengetahui kepuasan matematika di tujuan pengajaran
matematika? Bagaimana belajar mengajar matematika harus dievaluasi dan
dinilai? Apa peran guru? Dan masih banyak lagi
peran studi filsafat matematika sangat lah luas. dapat dikatakan bahwa filosofi pendidikan matematika bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang status dan dasar dari objek pendidikan matematika, yaitu ontologis mengklarifikasi sifat dari masing-masing komponen pendidikan matematika, dan epistemologis mengklarifikasi apakah semua pernyataan yang bermakna pendidikan matematika memiliki tujuan dan menentukan kebenaran.
Pada intinya, tujuan mempelajari filsafat matematika adalah supaya pembelajaran matematika menjadi lebih bermakakna dan berguna di kehidupan sehari hari.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Blog archive
-
▼
2011
(39)
-
▼
December
(17)
- LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING: Developing ...
- Pembudayaan Matematika di Sekolah Untuk Mencapai K...
- Developing Teacher Training Textbooks for Lesson S...
- Lesson Study: Pendekatan Baru untuk Pembelajaran M...
- PHILOSOPHY OF MATHEMATICS EDUCATION
- Philosophical Explanation on Mathematical Experien...
- Research Activities as Effort to Improvement Profe...
- KEGIATAN PENELITIAN SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATK...
- PHILOSOPHICAL AND THEORETICAL GROUND OF MATHEMATIC...
- LESSON STUDY
- “ Looking for Alternative Models in reference to J...
- WAWASAN TENTANG STRATEGI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN...
- Stimulating Primary Mathematics Group-Discussion
- Asumsi Dasar Karakteristik Matematika, Subjek Didi...
- HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MAT...
- PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI PORTOFOLIO DIGITAL UNTUK...
- MATHEMATICS TEACHING ACROSS MULTICULTURAL CONTEXT
-
▼
December
(17)
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Eh, judul nya..... :D Kayak anak matematika aja, ngek kalo anak matematika ngomongin cinta, pasti pake ini: Atau mungkin pakai ini: hoho, ta...
-
Jujur, Aku masih merasa sendiri.... 5 dari 5 4 dari 5 3 dari 5 2 dari 5 1 dari 5 semoga istiqomah dan tak berubah menjadi: "0 dari 5&qu...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
Oleh : Dr. Marsigit, M.A. Review by: Syahlan Romadon 09301241041 Syahland.blogspot.com In the implementation of learning mathematics, it wou...
-
POLLLIIIIIINGGGG.... Bumi Tempat indah bagi makhluk-Nya. Manusia hanya bisa hidup di bumi. Tapi, tak bisa memancarkan cahaya sendiri. Akan t...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
-
Aku bodoh Tak bisa mengajarimu Tak dapat menyelesaikan Tak sanggup beri solusi Aku bukan orang berpengaruh Bukan raja yang ha...
-
Oleh: Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com In order to following the movement of education parad...
Followers
. . .
0 komentar:
Post a Comment