By: Shisumi Shimizu, Marsigit
http://powermathematics.blogspot.com
Review by: Syahlan Romadon(09301241041)
http://syahland.blogspot.com
Artikel ini berisi penelitian kegiatan siswa dalam membangun karakteristik pola angka yang dihasilkan dari penambahan dan pengurangan setiap dua reversibel dua digit angka. Penelitian ini dilakukan di siswa kelas 6 SD Gambiranom, Yogyakarta, Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan praktek mengajar matematika berdasarkan posisi ideal mengajar matematika primer dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu. Penelitian ini meliputi: mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam proses belajar mengajar matematika, merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil komunikasi simetris antara peneliti dan guru, menerapkan dan menguji strategi, mengevaluasi efektivitas strategi, mencerminkan hasil, identifikasi kesimpulan, mengulangi siklus dengan meningkatkan praktek, dan melaporkan penemuan.
Pada siklus pertama penelitian, guru mengarahkan siswa untuk memiliki beberapa kompetensi mengkarakterisasi pola nomor dengan melakukan penambahan dari dua reversibel dua digit angka. Skema dari proses belajar mengajar pada siklus ini meliputi guru memperkenalkan pelajaran, informasi yang disampaikan, mengajukan masalah dan menjelaskan apa yang siswa harus dilakukan dalam kegiatan-kegiatan berikut. Guru memerintahkan siswa untuk menghasilkan penambahan dari dua reversibel dua digit angka dan membiarkan siswa untuk bekerja dalam kelompok diskusi. Guru mendorong siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan berusaha menyimpulkan hasil. Dalam siklus ini guru mengembangkan lembar kerja dan didistribusikan sebelum para siswa bekerja dalam kelompok diskusi.
Dalam siklus kedua, guru mengarahkan siswa untuk memiliki beberapa kompetensi mengkarakterisasi beberapa pola nomor dengan melakukan pengurangan dari dua reversibel dua digit angka. Skema dari proses belajar mengajar pada siklus 2 yakni guru memperkenalkan pelajaran, informasi yang disampaikan, mengajukan masalah dan menjelaskan apa yang siswa harus dilakukan dalam kegiatan-kegiatan berikut. Guru memerintahkan siswa untuk menghasilkan pengurangan dari segala bentuk dua angka reversible dan membiarkan siswa untuk bekerja dalam kelompok diskusi. Guru mendorong siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan berusaha untuk menyimpulkan hasil.
Hasil dari penelitian adalah dalam penelitian tindakan kelas, jika guru memiliki persiapan yang baik dan mengembangkan beberapa skema untuk mengajar, siswa mengkonstruksi pengetahuan mereka secara jelas. Anak-anak tidak hanya melakukan kegiatan di bawah bimbingan guru namun mereka pun harus mampu mengembangkan kegiatan mereka berdasarkan pengaruh arah dan fokus kegiatan sendiri. Dengan mengamati transisi dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, peneliti menemukan bahwa beberapa lembar kerja yang dikembangkan oleh guru memiliki pengaruh terhadap jalannya kegiatan dan memulai berbagai percakapan interaksi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kita dapat menafsirkan peran guru melalui perspektif siswa pada interaksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penelitian tindakan kelas, siswa tidak hanya sebagai pembelajar aktif tetapi juga sebagai konstruktor hidup pengetahuan mereka sendiri.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Blog archive
-
▼
2011
(39)
-
▼
December
(17)
- LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING: Developing ...
- Pembudayaan Matematika di Sekolah Untuk Mencapai K...
- Developing Teacher Training Textbooks for Lesson S...
- Lesson Study: Pendekatan Baru untuk Pembelajaran M...
- PHILOSOPHY OF MATHEMATICS EDUCATION
- Philosophical Explanation on Mathematical Experien...
- Research Activities as Effort to Improvement Profe...
- KEGIATAN PENELITIAN SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATK...
- PHILOSOPHICAL AND THEORETICAL GROUND OF MATHEMATIC...
- LESSON STUDY
- “ Looking for Alternative Models in reference to J...
- WAWASAN TENTANG STRATEGI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN...
- Stimulating Primary Mathematics Group-Discussion
- Asumsi Dasar Karakteristik Matematika, Subjek Didi...
- HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MAT...
- PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI PORTOFOLIO DIGITAL UNTUK...
- MATHEMATICS TEACHING ACROSS MULTICULTURAL CONTEXT
-
▼
December
(17)
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Eh, judul nya..... :D Kayak anak matematika aja, ngek kalo anak matematika ngomongin cinta, pasti pake ini: Atau mungkin pakai ini: hoho, ta...
-
Jujur, Aku masih merasa sendiri.... 5 dari 5 4 dari 5 3 dari 5 2 dari 5 1 dari 5 semoga istiqomah dan tak berubah menjadi: "0 dari 5&qu...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
Oleh : Dr. Marsigit, M.A. Review by: Syahlan Romadon 09301241041 Syahland.blogspot.com In the implementation of learning mathematics, it wou...
-
POLLLIIIIIINGGGG.... Bumi Tempat indah bagi makhluk-Nya. Manusia hanya bisa hidup di bumi. Tapi, tak bisa memancarkan cahaya sendiri. Akan t...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
-
Aku bodoh Tak bisa mengajarimu Tak dapat menyelesaikan Tak sanggup beri solusi Aku bukan orang berpengaruh Bukan raja yang ha...
-
Oleh: Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com In order to following the movement of education parad...
Followers
. . .
0 komentar:
Post a Comment