By: Marsigit, Y.Sato, Sugeng Mardiyono, Eko Sulistyowati, Bardi
Review by: Syahlan Romadon(09301241041)
http://syahland.blogspot.com
Siswa membutuhkan variasi kompetensi akademik yang dapat untuk bertanya dan mengkomunikasikan perkiraan yang terjadi di kelas. Dari hasil pengamatan mengindikasikan bahwa kapanpun siswa tidak memiliki kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, mereka akan melakukan kegiatan lain atau menanyakan ke teman kelasnya. Kapan pun guru menerapkan satu metode pembelajaran guru akan mengalami kesulitan untuk dapat mencakup berbagai kompetensi akademik siswa. Salah cara untuk menyelesaikan permasalah ini adalah dengan memberi kesempatan kepada guru untuk mengembangkan lembar kerja. Siswa dan guru akan sama-sama mendapat keuntungan dengan menggunakan lembar kerja, bagaimanapun juga pengaplikasian dari pengembangan lembar kerja oleh guru sebagai penyelesaian dari berbagai kebutuhan kompetensi akademik siswa yang memiliki sifat tidak langsung karena tidak ada skema pengembangan oleh guru. Kemudian guru membagi kelas menjadi beberapa grup untuk mendiskusikan lembar kerja yang diberikan, setelah didiskusikan kemudian siswa mempresentasikannya di depan ke kelas.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata masih banyak guru yang menggunakan metode ekspositori atau mengajar secara klasikal dimana guru hanya menjelaskan, memberi contoh kemudian memberikan tugas. Hal ini masih banyak terjadi karena guru masih mengalami kesulitan untuk menemukan berbagai variasi kompetensi akademik yang diperlukan serta menemukan cara melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Untuk itu guru harus mengembangkan model pembelajaran matematika untuk menyelesaikan permasalahan ini agar dapat memfasilitasi siswa. Praktik mengajar matematika yang baik harus memberi kesempatan kepada guru untuk menjelaskan, diskusi antara guru dan siswa dan antara siswa dengan siswa, penyelesaian masalah termasuk pengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam kenyataannya untuk merealisasikan pembelajaran yang baik, guru masih menemui beberapa kendala. Dan menurut hasil penelitian guru harus mampu mengembangkan kemampuan mengajar mereka dengan memfasilitasi berbagai kebutuhan kompetensi akademik siswa, menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran, menggunakan berbagai metode mengajar sesuai kebutuhan kelas dan meningkatkan materi mengajar dan alat peraga yang digunakan.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Blog archive
-
▼
2011
(39)
-
▼
December
(17)
- LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING: Developing ...
- Pembudayaan Matematika di Sekolah Untuk Mencapai K...
- Developing Teacher Training Textbooks for Lesson S...
- Lesson Study: Pendekatan Baru untuk Pembelajaran M...
- PHILOSOPHY OF MATHEMATICS EDUCATION
- Philosophical Explanation on Mathematical Experien...
- Research Activities as Effort to Improvement Profe...
- KEGIATAN PENELITIAN SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATK...
- PHILOSOPHICAL AND THEORETICAL GROUND OF MATHEMATIC...
- LESSON STUDY
- “ Looking for Alternative Models in reference to J...
- WAWASAN TENTANG STRATEGI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN...
- Stimulating Primary Mathematics Group-Discussion
- Asumsi Dasar Karakteristik Matematika, Subjek Didi...
- HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MAT...
- PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI PORTOFOLIO DIGITAL UNTUK...
- MATHEMATICS TEACHING ACROSS MULTICULTURAL CONTEXT
-
▼
December
(17)
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
By: Marsigit Review by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Pada matematika pendidikan di indonesia memiliki indikasi...
-
Oleh: Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com In order to following the movement of education parad...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
-
By: Marsigit, Y.Sato, Sugeng Mardiyono, Eko Sulistyowati, Bardi Review by: Syahlan Romadon(09301241041) http://syahland.blogspot.com Siswa m...
-
Oleh Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Mathematic can form concrete object materially , pictu...
-
By Dr. Marsigit, M.A. Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Filsafat mengenai matematika sangatlah luas dan umum. Filsafat pendidikan m...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
By : Dr. Marsigit, M. A., Bambang SHM, M. Kom. And Kuswari Hernawati, M. Kom. Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) The aim of this re...
Followers
. . .




0 komentar:
Post a Comment