By: Dr. Marsigit, MA
Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041)
Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menjadi negara yang sejahtera dan makmur penduduknya. Pemerintah telah berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Adanya kebijakan penggunaan kurikulum KTSP, akan mempengaruhi banyak aspek, misalnya saja: otonomi pendidikan, fasilitas pembelajaran, anggaran pendidikan, dan juga sistem evaluasi.
Sistem pendidikan ataupun kurikulum yang berubah karena dianggap kurang berhasil diidentifikasi menemui karena menemui hambatan-hambatan seperti: kompleksitas dunia pendidikan, anggaran yang minim, kekurangan fasilitas dan tenaga pendidik ahli, perbedaan konteks pendidikan, kekurangpahaman guru mengenai teori pengajaran, bagaimana mengimplementasinya, dan juga adanya penyesuaian dengan keadaan global saat ini.
Obyek penelitian proses pembelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam yang didukung oleh JICA adalah memberi kontribusi pada perkembangan matematika dan ilmu pengetahuan alam di sekolah dengan mencoba beberapa perkembangan yang secara langsung berhubungan dengan sekolah. Kegiatan percobaan dilakukan melalui kegiatan penelitian antara guru dan dosen. Masing-masing group peneliti melakukan pertemuan apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan matematika dan ilmu pengetahahuan di tiap kelasnya. Aspek yang akan dikembangkan bervariasi, bergantung pada kebutuhan siswa. Aspek tersebut dapat dihubungkan dengan perkembangan instrument pengajaran dan model pengajaran.
Perkembangan pendidikan Matematika di Jepang dapat dilihat sebagai alternative, bagaimana cara pengajaran dan proses pemebelajaran di Jepang. Pengajaran matematika di Jepang berkembang dari fenomena nyata di kehidupan sehari-hari. Masing-masing sekolah mempunyai aktivitas untuk meningkatkan kemampuan pengajar.
Hasil penelitian dapat dijabarkan dari berbagai sudut pandang, misalnya dari siswa, guru dan dosen. Model pembelajaran baru yang dikenalkan pada guru meningkatkakan variasi pengelolaan kelas. Guru yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini harus berpikir dann mengembangkan cara baru bagaimana siswa dapat belajar dan mengkontruksi pengetahuan baru dari dirinya sendiri.
Ada beberapa hal dan masalah yang berhubungan dengan pengenalan paradigm baru melalui kegiatan penelitian ini. Tampak tidak realistik untuk berharap bahwa guru akan merubah gaya mengajarnya dalam waktu yang sigkat. Kurikulum dengan sifat padat tuntutan dan jumlah siswa yang besar di tiap kelasnya menyebabkan guru tetap kembali pada aktivitas lama (teacher centered activities). Ujian Akhir yang harus dilakukan oleh seluruh siswa di tahun ketiganya, menjadi titik krusial bagi guru yang membuat guru berfikir bagaimana merancang pembelajaran yang bisa meluluskan siswanya.
Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa masukan untuk meningkatkan pembelajaran matematika dan ilmu pengetahuan di Indonesia, antara lain: implementasi kurikulum yang lebih simple dan fleksible, menentukan kembali peran guru sebagai fasilitator, menentukan kembali peran sekolah, serta supervisor sebagai pendukung proses pembelajaran.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Blog archive
-
▼
2011
(39)
-
▼
December
(17)
- LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING: Developing ...
- Pembudayaan Matematika di Sekolah Untuk Mencapai K...
- Developing Teacher Training Textbooks for Lesson S...
- Lesson Study: Pendekatan Baru untuk Pembelajaran M...
- PHILOSOPHY OF MATHEMATICS EDUCATION
- Philosophical Explanation on Mathematical Experien...
- Research Activities as Effort to Improvement Profe...
- KEGIATAN PENELITIAN SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATK...
- PHILOSOPHICAL AND THEORETICAL GROUND OF MATHEMATIC...
- LESSON STUDY
- “ Looking for Alternative Models in reference to J...
- WAWASAN TENTANG STRATEGI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN...
- Stimulating Primary Mathematics Group-Discussion
- Asumsi Dasar Karakteristik Matematika, Subjek Didi...
- HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MAT...
- PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI PORTOFOLIO DIGITAL UNTUK...
- MATHEMATICS TEACHING ACROSS MULTICULTURAL CONTEXT
-
▼
December
(17)
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Eh, judul nya..... :D Kayak anak matematika aja, ngek kalo anak matematika ngomongin cinta, pasti pake ini: Atau mungkin pakai ini: hoho, ta...
-
Jujur, Aku masih merasa sendiri.... 5 dari 5 4 dari 5 3 dari 5 2 dari 5 1 dari 5 semoga istiqomah dan tak berubah menjadi: "0 dari 5...
-
Oleh : Dr. Marsigit, M.A. Review by: Syahlan Romadon 09301241041 Syahland.blogspot.com In the implementation of learning mathematics, it wou...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
POLLLIIIIIINGGGG.... Bumi Tempat indah bagi makhluk-Nya. Manusia hanya bisa hidup di bumi. Tapi, tak bisa memancarkan cahaya sendiri. Akan t...
-
Sulit sekali memunculkan ide entahlah sampai kapan aku begini pengen berubah layaknya lampu yang hidup diantara lampu-lampu yang ...
-
Aku bodoh Tak bisa mengajarimu Tak dapat menyelesaikan Tak sanggup beri solusi Aku bukan orang berpengaruh Bukan raja yang ha...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
Followers
. . .
0 komentar:
Post a Comment