By Marsigit, Yogyakarta State University, Indonesia
Review by:
Syahlan Romadon
09301241041
Syahland.blogspot.com
Standar Nasional Matematika Pengajaran di Indonesia adalah kompetensi minimum yang harus dilakukan oleh siswa, meliputi afektif, kognitif dan psikomotor kompetensi. Matematika harus dekat dengan anak dan relevan dengan setiap situasi kehidupan sehari-hari. Namun, kata 'realistis', merujuk bukan hanya untuk koneksi dengan dunia nyata-, tetapi juga mengacu pada masalah situasi yang nyata dalam pikiran siswa. Dua jenis yang dirumuskan mathematization eksplisit dalam konteks pendidikan oleh Treffers, 1987, di Zulkardi,, 2006 yang mathematization horisontal dan vertikal. Dalam horisontal mathematization, para siswa datang dengan alat-alat matematika yang dapat membantu untuk mengatur dan memecahkan masalah terletak dalam situasi kehidupan nyata. Kegiatan berikut adalah contoh horisontal mathematization: mengidentifikasi atau menjelaskan matematika spesifik dalam konteks umum, schematizing, merumuskan dan visualisasi masalah dalam cara yang berbeda, menemukan hubungan, menemukan keteraturan, mengenali aspek isomorfis dalam masalah yang berbeda, mentransfer nyata dunia masalah untuk masalah matematika, dan mentransfer masalah dunia nyata untuk yang dikenal matematika masalah (Zulkardi, 2006). Di sisi lain, mathematization vertikal adalah proses reorganisasi dalam sistem matematika itu sendiri.
Di atas adalah pendekatan Iceberg sebagai titik awal urutan belajar yang memberikan pengalaman nyata kepada siswa sehingga mereka melibatkan langsung dalam kegiatan matematika pribadi
Banyak siswa yang membawa banyak pemahaman informal fraksi untuk instruksi mereka dalam
matematika, namun, seringkali sulit bagi siswa untuk mengintegrasikan instruksi formal dengan mereka informal, pengetahuan.
Ada 6 (enam) kelompok guru mengembangkan Model Iceberg untuk mengajar fraksi dalam
SMP. Setiap kelompok terdiri dari lima guru. Berikut ini adalah karya mereka: Pengurangan Nomor Fraksi, Persentase dan permil, Bandingkan Fraksi, Fraksi Desimal, Nomor Mix, Divisi Fraksi
Orientasi Dunia Matematika
Pada awal pertama, tidak begitu mudah bagi guru untuk mengembangkan dan memanipulasi beton
materi sebagai orientasi dunia matematika. Tampaknya ada beberapa kesenjangan antara
guru 'kebiasaan dalam melakukan matematika formal dan informal, matematika
Bahan Model
Untuk model materi, guru berusaha untuk mengidentifikasi peran representasi visual dalam
mendirikan hubungan antara konsep fraksi, hubungan dan operasi
Membangun Hubungan Matematika
Dalam membangun hubungan matematis, para guru merasa bahwa para siswa perlu
mengembangkan sikap matematika mereka serta metode matematika
Notasi Formal
Para guru merasa bahwa pengertian formal pecahan, hubungan dan operasi
datang sejalan dengan kecenderungan berbagi ide konsep fraksi melalui kelompok kecil
diskusi
Banyak guru membawa banyak pemahaman informal fraksi untuk usaha mereka dalam
mengembangkan model gunung es untuk mengajar pecahan.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Blog archive
-
▼
2011
(39)
-
▼
September
(13)
- MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI FILOSOFIS MATEMATIKA DAL...
- PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM BERB...
- PHILOSOPHYCAL EXPLANATION OF MATHEMATICAL EXPERIEN...
- The Iceberg Approach of Learning Fractions in Juni...
- PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PEMBELAJARAN ...
- DEVELOPING SCHOOL-BASED CURRICULUM FOR JUNIOR HIGH...
- DEVELOPING SCHOOL-BASED CURRICULUM FOR JUNIOR HIGH...
- LANDASAN PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATI...
- PEMANFAATAN VIDEO TAPE RECORDER (VTR) UNTUK PEGEMB...
- PROMOTING LESSON STUDY IN INDONESIA: A Case of Pri...
- STRATEGI MENYIAPKAN SDM MENUJU SEKOLAH DASAR BERST...
- DEVELOPING MATHEMATICS EDUCATION IN INDONESIA
- Membuka Lembaran Baru
-
▼
September
(13)
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
By: Marsigit Review by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Pada matematika pendidikan di indonesia memiliki indikasi...
-
Oleh: Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com In order to following the movement of education parad...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
-
By: Marsigit, Y.Sato, Sugeng Mardiyono, Eko Sulistyowati, Bardi Review by: Syahlan Romadon(09301241041) http://syahland.blogspot.com Siswa m...
-
Oleh Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Mathematic can form concrete object materially , pictu...
-
By Dr. Marsigit, M.A. Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Filsafat mengenai matematika sangatlah luas dan umum. Filsafat pendidikan m...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
By : Dr. Marsigit, M. A., Bambang SHM, M. Kom. And Kuswari Hernawati, M. Kom. Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) The aim of this re...
Followers
. . .




0 komentar:
Post a Comment