By : Marsigit
Faculty of Mathematics and Science, the State University of Yogyakarta, Indonesia
Review by:
Syahlan Romadon
09301241041
Syahland.blogspot.com
Pengembangan kurikulum membutuhkan kajian komprehensif dan mendalam dari semua aspek yang terlibat, setidaknya ada enam prinsip sebagai panduan 1) kesempatan untuk belajar matematika untuk semua, 2) kurikulum yang tidak hanya koleksi materi tetapi harus mencerminkan kegiatan matematika koheren, 3) pembelajaran matematika membutuhkan teori yang menyeluruh tentang kegiatan siswa, kesiapan mereka untuk belajar dan peran guru memfasilitasi belajar mereka, 4) kesempatan kepada pelajar untuk mengembangkan matematika mereka konsep, 5) kebutuhan untuk mengembangkan penilaian tertanam untuk proses belajar mengajar, 6) menggunakan berbagai jenis sumber belajar mengajar.
Perhatian utama dalam mengembangkan kurikulum matematika adalah untuk memastikan bahwa kurikulum proses belajar mengajar mencerminkan yang telah dimaksudkan, karena itu, kita perlu mengembangkan: 1) Pedoman untuk mengembangkan silabus nya, 2) Pedoman pelaksanaan kurikulum, 3) mendukung dokumen seperti handout, lembar kerja siswa, 4) guru keterlibatan dalam kurikulum berkembang, 5) kurikulum sosialisasi dan diseminasi dikembangkan, dan 6) pemantauan rutin implementasi nya. Kurikulum berbasis sekolah untuk stres SMP pada kompetensi siswa, karena itu, pemerintah pusat telah mengembangkan standar nasional bagi mereka. Standar Kompetensi Nasional ini kemudian akan diuraikan menjadi Kompetensi Dasar-itu adalah kompetensi minimum yang harus dilakukan oleh siswa, meliputi afektif, kognitif dan psikomotor kompetensi
Kegiatan matematika tidak bisa hanya ditarik keluar dari topi, mereka harus dipilih dengan cermat sehingga anak-anak membentuk konsep, mengembangkan keterampilan, mempelajari fakta-fakta dan memperoleh strategi untuk menyelidiki dan memecahkan masalah kekhawatiran mengajar dengan siswa, mengajar adalah tentang apa yang terjadi pada saat-apa yang anak pikirkan, katakan dan lakukan, dan apa yang guru pikirkan, katakan dan lakukan sebagai konsekuensi
Standar Nasional Kompetensi untuk Junior meliputi matematika Sekolah Tinggi: Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Probabilitas dan Statistik, Aljabar
Program monitoring telah ditetapkan menyebar ke beberapa wilayah yang berbeda dari Provinsi yang berbeda, untuk menyelidiki dan mengidentifikasi sejauh mana kekuatan, kelemahan, dan kendala pelaksanaan kurikulum baru. Hasil dari program pemantauan menunjukkan bahwa: (1) sosialisasi kurikulum baru perlu ditingkatkan, (2) partisipasi guru, kepala sekolah dan pengawas perlu ditingkatkan, (3) sumber daya pendukung untuk kurikulum baru perlu dikembangkan secara ekstensif, (4) perlu mempromosikan penelitian berbasis kelas bagi guru sebagai bagian dari kegiatan pengajaran mereka, (5) perlu menyebarluaskan konsep dan teori-teori serta paradigma saat ini mengajar matematika belajar, (6) kendala pelaksanaan kurikulum baru yang meliputi keterbatasan fasilitas pendidikan dan media serta keterbatasan anggaran.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Blog archive
-
▼
2011
(39)
-
▼
September
(13)
- MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI FILOSOFIS MATEMATIKA DAL...
- PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM BERB...
- PHILOSOPHYCAL EXPLANATION OF MATHEMATICAL EXPERIEN...
- The Iceberg Approach of Learning Fractions in Juni...
- PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PEMBELAJARAN ...
- DEVELOPING SCHOOL-BASED CURRICULUM FOR JUNIOR HIGH...
- DEVELOPING SCHOOL-BASED CURRICULUM FOR JUNIOR HIGH...
- LANDASAN PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATI...
- PEMANFAATAN VIDEO TAPE RECORDER (VTR) UNTUK PEGEMB...
- PROMOTING LESSON STUDY IN INDONESIA: A Case of Pri...
- STRATEGI MENYIAPKAN SDM MENUJU SEKOLAH DASAR BERST...
- DEVELOPING MATHEMATICS EDUCATION IN INDONESIA
- Membuka Lembaran Baru
-
▼
September
(13)
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Eh, judul nya..... :D Kayak anak matematika aja, ngek kalo anak matematika ngomongin cinta, pasti pake ini: Atau mungkin pakai ini: hoho, ta...
-
Jujur, Aku masih merasa sendiri.... 5 dari 5 4 dari 5 3 dari 5 2 dari 5 1 dari 5 semoga istiqomah dan tak berubah menjadi: "0 dari 5...
-
Oleh : Dr. Marsigit, M.A. Review by: Syahlan Romadon 09301241041 Syahland.blogspot.com In the implementation of learning mathematics, it wou...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
POLLLIIIIIINGGGG.... Bumi Tempat indah bagi makhluk-Nya. Manusia hanya bisa hidup di bumi. Tapi, tak bisa memancarkan cahaya sendiri. Akan t...
-
Sulit sekali memunculkan ide entahlah sampai kapan aku begini pengen berubah layaknya lampu yang hidup diantara lampu-lampu yang ...
-
Aku bodoh Tak bisa mengajarimu Tak dapat menyelesaikan Tak sanggup beri solusi Aku bukan orang berpengaruh Bukan raja yang ha...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
Followers
. . .
0 komentar:
Post a Comment