By Marsigit,
Faculty of Mathematics and Science, the State University of Yogyakarta, Indonesia
Reviewed by: Syahlan Romadon/09301241041 (Mathematics Education Reguler 2009 at http://syahland.blogspot.com)
Majukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 selalu keprihatinan utama dari Pemerintah Indonesia. Pendekatan yang lebih sistematis untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia sudah mulai jelas. Gambaran praktek pengajaran di Indonesia adalah guru pada umumnya menjelaskan panjang lebar dan bertanya sedangkan seluruh siswa di dalam kelas bekerja pada kertas dan pensil di tempat tugas mereka. Saat ini studi tentang matematika dan ilmu pendidikan di Indonesia memiliki indikasi bahwa prestasi anak dalam mata pelajaran matematika dan Ilmu rendah, seperti ditunjukkan oleh hasil EBTANAS tahun ke tahun baik di Sekolah Dasar dan Menengah. Piloting didefinisikan dengan kegiatan pengembangan dan mencoba beberapa model mengajar di sekolah. Tujuan dari uji coba adalah untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendidikan matematika dan sains di sekolah dengan mencoba beberapa hal yang dikembangkan dalam proyek ini yang langsung berhubungan dengan sekolah. Hasil uji coba dapat disebutkan dari sudut pandang siswa, guru, dan dosen. Model baru yang diperkenalkan kepada guru-guru meningkatkan variasi alternatif bagaimana melakukan kelas proses belajar mengajar. Guru yang terlibat dalam kegiatan ini piloting harus berpikir dan mengembangkan cara-cara baru tentang bagaimana untuk membiarkan siswa belajar dan membangun konsep sendiri. Ada beberapa isu dan masalah yang berhubungan dengan memperkenalkan paradigma baru matematika dan pengajaran ilmu pengetahuan dan belajar melalui kegiatan piloting. Hasil kegiatan piloting datang ke sebuah saran bahwa untuk meningkatkan matematika dan pengajaran sains di Indonesia. Pemerintah Indonesia berusaha untuk menutup isu terkini pendidikan dan mengambil tindakan untuk menerapkan kurikulum baru "kurikulum berbasis kompetensi" untuk pendidikan dasar dan menengah yang secara efektif dimulai pada tahun ajaran 2004/2005. Hasil pemantauan uji coba kurikulum baru di beberapa provinsi menunjukkan bahwa kendala masih berasal dari motivasi dan kompetensi guru serta tidak mendukung sistem manajemen pendidikan.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Blog archive
-
▼
2011
(39)
-
▼
September
(13)
- MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI FILOSOFIS MATEMATIKA DAL...
- PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM BERB...
- PHILOSOPHYCAL EXPLANATION OF MATHEMATICAL EXPERIEN...
- The Iceberg Approach of Learning Fractions in Juni...
- PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PEMBELAJARAN ...
- DEVELOPING SCHOOL-BASED CURRICULUM FOR JUNIOR HIGH...
- DEVELOPING SCHOOL-BASED CURRICULUM FOR JUNIOR HIGH...
- LANDASAN PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATI...
- PEMANFAATAN VIDEO TAPE RECORDER (VTR) UNTUK PEGEMB...
- PROMOTING LESSON STUDY IN INDONESIA: A Case of Pri...
- STRATEGI MENYIAPKAN SDM MENUJU SEKOLAH DASAR BERST...
- DEVELOPING MATHEMATICS EDUCATION IN INDONESIA
- Membuka Lembaran Baru
-
▼
September
(13)
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Eh, judul nya..... :D Kayak anak matematika aja, ngek kalo anak matematika ngomongin cinta, pasti pake ini: Atau mungkin pakai ini: hoho, ta...
-
Jujur, Aku masih merasa sendiri.... 5 dari 5 4 dari 5 3 dari 5 2 dari 5 1 dari 5 semoga istiqomah dan tak berubah menjadi: "0 dari 5...
-
Oleh : Dr. Marsigit, M.A. Review by: Syahlan Romadon 09301241041 Syahland.blogspot.com In the implementation of learning mathematics, it wou...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
POLLLIIIIIINGGGG.... Bumi Tempat indah bagi makhluk-Nya. Manusia hanya bisa hidup di bumi. Tapi, tak bisa memancarkan cahaya sendiri. Akan t...
-
Sulit sekali memunculkan ide entahlah sampai kapan aku begini pengen berubah layaknya lampu yang hidup diantara lampu-lampu yang ...
-
Aku bodoh Tak bisa mengajarimu Tak dapat menyelesaikan Tak sanggup beri solusi Aku bukan orang berpengaruh Bukan raja yang ha...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
Followers
. . .
0 komentar:
Post a Comment