The Effort to Increase the Student’s Motivation in Mathematics Learning with Some Teaching Aids in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta
By: Drs. Marsigit, M.A.
Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041)
http://syahland.blogspot.com
Usaha untuk Meningkatkan Motivasi siswa belajar matematika dengan beberapa alat bantu pengajaran di SMP 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia. Salah satu upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama adalah dengan membuat matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan. Memaksimalkan penggunaan beberapa alat bantu pengajaran diharapkan dapat membantu proses abstraksi siswa, sehingga dapat mengurangi kesulitan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang ditemukan di kelas SMP 5 Wates Sekolah, Kulon Progo Yogyakarta, Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu mengajar, yang digunakan sebagai model pembelajaran dalam pengajaran pembelajaran matematika melalui penelitian tindakan kelas. Para guru mengambil tindakan dalam penelitian sendiri di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu pengajaran beberapa digunakan sebagai model pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tindakan dengan menggunakan beberapa pengajaran bantu dengan papan seperti, tangan karet, kartu bermain, siswa lembar kerja simpul kertas, transparansi kertas, benang sipat, tiga bilah kayu yang dapat digunakan sebagai model dalam mengajar matematika proses belajar untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam melakukan peningkatan worksheet sesi jawaban-pertanyaan dan diskusi, ada begitu banyak siswa muncul dan juga terjadi ketika mereka berada di luar kelas. Sehubungan dengan hasil penelitian, peneliti menyarankan
guru matematika di SMP di proses belajar mengajar mereka harus menggunakan metode variasi untuk memotivasi siswa dan untuk menghindari siswa merasa bosan dan menggunakan
bantuan mengajar secara optimal untuk memfasilitasi siswa mereka untuk belajar konsep, ide, definisi atau prosedur matematika tertentu.
...
Labels
About Me
hanya orang BIASA yang ingin DIAKUI
Powered by Blogger.
thanks
Popular Posts
-
Matematika adalah ilmu pasti. pasti di sini maksudnya pasti dalam hal hasilnya. Tapi, apa jadinya ketika metematikawan tidak bisa menghitung...
-
Episode lalu, Ahad, 13 Juni 2012 bersama 10 anak penerus bangsa dengan iktikad baik penantian 24 Juni 2012 Akan ku lihat dan...
-
By: Marsigit Review by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Pada matematika pendidikan di indonesia memiliki indikasi...
-
Oleh: Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com In order to following the movement of education parad...
-
By: Dr. Marsigit, MA Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Sesuai dengan cita-cita bangsa pada Pembukaan UUD 1945, Indonesia akan menja...
-
By: Marsigit, Y.Sato, Sugeng Mardiyono, Eko Sulistyowati, Bardi Review by: Syahlan Romadon(09301241041) http://syahland.blogspot.com Siswa m...
-
Oleh Marsigit Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Mathematic can form concrete object materially , pictu...
-
By Dr. Marsigit, M.A. Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) Filsafat mengenai matematika sangatlah luas dan umum. Filsafat pendidikan m...
-
By : Dr. Marsigit, MA Reviewed By : Syahlan Romadon (09301241041) http://syahland.blogspot.com Tujuan mempelajari filosofi dari pendidikan m...
-
By : Dr. Marsigit, M. A., Bambang SHM, M. Kom. And Kuswari Hernawati, M. Kom. Reviewed by: Syahlan Romadon (09301241041) The aim of this re...
Followers
. . .




0 komentar:
Post a Comment